Selasa, 14 Maret 2017

Kenapa Luka Jari Teriris Kertas (Paper Cut) Perihnya Kebangetan?

smart detox

Ladies, pernah tidak jarimu terluka saat buka buku atau halaman-halaman kertas? Luka teriris kertas (paper cut) mungkin saja tidak tebal, namun perihnya duh kebangetan deh. Mengapa ya kurang lebih luka di jari yang teriris kertas itu begitu perih? 



Nyatanya memanglah ada keterangan ilmiahnya berkaitan masalah ini. Seperti yang ditulis oleh sciencealert. com, pemicunya tidak lain yaitu lantaran saraf yang kita punyai. Ujung jari kita nyatanya mempunyai reseptor nyeri yang semakin banyak dibanding di ruang badan yang lain. 

Menurut pakar dermatologi, Hayley Goldbach dari University of California, Los Angeles seperti yang ia ungkapkan pada Jason G. Goldman di BBC, kita kerap memakai ujung jari untuk lakukan beberapa hal kecil. Hingga tidak heran bila ujung jari miliki banyak ujung saraf sebagai bentuk mekanisme alamiah. 

Ujung-ujung saraf di ujung jari itu dimaksud nosiseptor (saraf aferen primer untuk terima serta menyalurkan rangsangan nyeri). Nosiseptor lah yang lalu kirim rasa nyeri yang kita rasa (mencakup suhu panas, zat beresiko, serta desakan yang dapat melukai kulit) ke otak. 

Luka teriris kertas ini umumnya tidak tebal serta tidak sangat dalam. Hingga mekanisme pertahanan badan alami (seperti penggumpalan darah serta keropeng) tidak dapat diaktifkan. Jadi, ujung saraf yang terluka jadi terbuka demikian saja. Terlebih luka itu dapat selalu tertarik serta menegang setiap saat kita memakai jari kita untuk melakukan aktivitas, hingga rasa perihnya juga semakin kronis. 

Terkecuali lantaran argumen yang terkait dengan ujung-ujung saraf, menurut video Instant Egghand dari Scientific American, beberapa peneliti mempunyai teori bila ada elemen psikologis juga berkaitan dengan perihnya luka teriris kertas. Di fikiran kita, kertas adalah objek yang sesungguhnya tidak beresiko namun demikian jari terluka karena itu, kita jadi rasakan luka ini seakan " tidak masuk akal " hingga rasa sakitnya jadi merasa akut. 

Waktu jari terluka lantaran teriris kertas, memanglah baiknya kita selekasnya mengobatinya, Ladies. Supaya lukanya cepat jadi kering serta pulih lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar